Telepon dan Ponsel

Telefon rumah (Festnetz) dan Telefon ke Indonesia
Tarif pulsa telefon di dalam Jerman tidaklah semahal tarif di Indonesia. Hanya saja biaya abonemennya jauh lebih besar. Ketika kita memasang saluran telefon fix rumah (Festnetz) , kita harus membayar biaya instalasi awal yang untuk jenis saluran telefon rumah biasa sekitar 50 Euro. Jika pindah rumah, nomer telefon kita dapat diminta untuk ‚dibawa serta‘ tanpa harus mengganti nomer telefon lagi.

Sementara itu untuk menelpon ke Indonesia tersedia banyak tawaran kartu telefon yang menggiurkan. Misalnya dengan kartu telefon seharga 10 Euro, kita bisa menelpon ke Indonesia dari Festnetz atau telefon umum, selama 2 jam lebih ke Jakarta atau 1,5 jam untuk kota lain atau telefon genggam. Harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan tarif telefon ke luar negeri di Indonesia. Kartu telefon ini bisa diperoleh di semacam wartel-wartel atau di tempat lain seperti toko makanan, yang biasanya memberi iklan penjualan di etalase tokonya.


Telefon genggam (Handy)
Jerman bisa jadi surga bagi kita yang terbiasa dengan sistem telefon genggam di Indonesia. Terkenal dengan istilah di Jerman nilai Handy gratis. Terdapat dua sistem jika ingin menggunakan handy. Pertama, dengan kontrak. Kita terikat kontrak dengan penyedia jasa handy, yang umumnya selama dua tahun. Harga handy yang dibeli akan mendapatkan diskon, sehingga bisa jadi kita tidak perlu membayar sama sekali atau harga handy sama dengan 0 Euro. Untuk sistem ini kita dikenai biaya abonemen bulanan tergantung dari sistem tarif yang dipilih, umumnya sekitar 9,95 Euro (belum termasuk pajak). Kita juga dikenai satu kali biaya penyambungan awal saluran sebesar 24,95 Euro.

Di Indonesia sistem ini hampir sama dengan jika berlangganan kartu telepon pasca bayar. Hanya saja dengan tawaran atau diskon handy yang lebih menarik dan menguntungkan jika di Jerman. Penting untuk diingat, jangan lupa untuk memutus kontrak (Kündigung) sebelum 3 bulan kontrak berakhir, jika tidak, kontrak otomatis akan diperpanjang selama 1 tahun ke depan. Suatu kerugian bagi kita, apabila ingin membuat kontrak baru dengan handy baru, atau jika tidak ingin menggunakan jasa penyedia handy lagi. Seringkali orang lupa melakukannya dan akhirnya terpaksa meneruskan pemakaian jasa walaupun sudah tidak menginginkan atau membutuhkannya.

Kedua, tanpa kontrak. Kita membeli handy seperti halnya membeli handy di Indonesia. Untuk itu dibutuhkan semacam kartu Prepaid. Dengan sistem ini kita tidak dikenai biaya abonemen bulanan. Hanya saja jika kita memilih handy keluaran terbaru, harganya bisa menjadi sangat mahal. Keuntungannya pengeluaran biaya telefon bisa dikontrol secara pasti.

Penyedia jasa Handy di Jerman saat ini antara lai: T-Mobile dari Deutsche Telekom, O2, D-2 Vodafone, dan E-Plus. Sama halnya dengan sistem Prämie di bank., untuk handy dengan sistem kontrak juga dikenal sistem yang sama. Jadi jika memungkinkan, kita bisa meminta bantuan teman yang menjadi pelanggan untuk mengantar kita. Kita dapat memberitahu ke penyedia jasa bahwa kita disarankan oleh teman kita untuk menjadi pelanggan baru dan mintakanlah Prämie atas namanya.

Komentar

Postingan Populer