Sarana di Perguruan Tinggi

Perpustakaan
Terbagi menjadi dua, perpustakaan utama perguruan tinggi dan perpustakaan jurusan. Perpustakaan utama umumnya sangat besar dengan koleksi buku yang cukup lengkap dengan jumlah banyak. Sebagai mahasiswa, kita akan mendapatkan informasi pendaftaran perpustakaan berikut aturan keanggotaan dan peminjaman.

Sistem perpustakaan perguruan tinggi sudah menggunakan sistem online. Status suatu buku dapat dilihat secara online juga meminjamnya. Pemesanan juga bisa dilakukan jika buku yang diinginkan masih dipinjam oleh orang lain. Pengurus perpustakaan akan mengirimkan pemberitahuan melalui email mengenai status buku yang akan dipinjam, apakah sudah bisa diambil atau belum dan diletakkan di rak berapa. Pemberitahuan juga dikrimkan jika kita lupa mengembalikan buku yang lewat masa pinjamnya.


Koleksi buku di perpustakaan ini sangat besar. Buku-buku referensi perkuliahan tersedia cukup lengkap di perpustakaan ini. Fasilitas yang sangat sayang jika tidak dimanfaatkan sebaik-baiknya, jangan pernah ada kata malas untuk mengunjungi perpustakaan. Suasana perpustakaan juga sangat mendukung untuk belajar. Di perpustakaan tersedia ruang khusus untuk membaca yang tenang dan bisa dijadikan tempat belajar alternatif.

Pusat Komputer
Ketika awal kuliah sebagai mahasiswa, kita akan mendapatkan alamat email dan account internet. Kita harus mendaftarkan diri ke pusat komputer atau Rechenzentrum (RZ). RZ mengenal jam buka, dimana selama jam buka tersebut kita bisa menggunakan fasilitas komputer dan internet sepuasnya. DI RZ ini juga tersedia fasilitas untuk mencetak dokumen yang biasanya sebanyak 500 halaman per semesternya secara cuma-cuma.

Kantin Kampus
Kantin atau Mensa cukup menjadi alternatif jika kita malas memasak atau tidak sempat karena sibuk belajar. Dengan harga terjangkau, menu-menu yang umumnya reguler dapat kita nikmati. Bagi yang muslim ada hari-hari tertentu dimana disajikan menu vegetaris.

Kursus Bahasa
Di perguruan tinggi selalu ditawarkan berbagai kursus bahasa, tidak hanya bahasa Jerman. Sangat sayang untuk melewatkan kesempatan ini. Selain menambah ilmu, kita juga bisa menambah banyak kenalan. Umumnya untuk kursus ini tidak ditarik biaya, walaupun ada beberapa perguruan tinggi yang sudah mengenakan biaya tambahan. Peminat kursus bahasa ini umumnya cukup banyak, untuk itu kita harus mendaftarkan diri segera.

Komentar

Postingan Populer