Registrasi Awal (Imatrikulasi)

Ketika kita sudah melewati semua tahapan sampai dikatakan berhak studi di Jerman, masih ada serangkaian proses administrasi pendaftaran dan pembayaran harus dijalani hingga kita benar-benar mempunyai kartu identitas pelajar dan kuliah di perguruan tinggi tersebut.

Untuk imatrikulasi ini ditentukan waktunya berdasarkan surat penerimaan yang kita peroleh dari perguruan tinggi (Zulassungsbescheid) atau telah ditentukan sebelumnya oleh perguruan tinggi masingmasing. Waktu yang diberikan biasanya tidak lebih dari 1 bulan. Dokumen yang dibutuhkan untuk imatrikulasi ini biasanya juga diberitahukan melalui surat. Jika tidak, dapat kita lihat di situs perguruan tinggi yang bersangkutan, dokumen apa saja yang harus dipersiapkan. Bila perlu anda datang ke sekretariat akademik (Studentensekretariat) untuk meminta lembar informasi imatrikulasi. Biasanya disana terdapat brosur atau buku yang berisi keterangan lengkap untuk keperluan ini.


Dokumen-dokumen yang umumnya diperlukan antara lain:
1. Formulir imatrikulasi, yang bisa diperoleh di tempat ketika melakukan proses imatrikulasi.
2. Ijazah atau raport dan terjemahannya yang telah dilegalisir.
3. Surat pemberitahuan penerimaan studi (Zulassungsbescheid).
4. Paspor dan Foto
5. Ijazah DSH. Tidak selalu dibutuhkan, tergantung program yang diambil.
6. Bukti surat asuransi kesehatan
7. Bukti pembayaran uang iuran sosial, formulirnya bisa diperoleh pada perguruan tinggi. Bukti tersebut dapat berupa kopian transfer yang distempel oleh bank atau bukti cetakan rekening (Kontoauszug)

Komentar

Postingan Populer