Perpustakaan Umum

Buku, buku dan buku. Perpustakaan hampir identik dengan sebuah toko buku. Hampir semua jenis buku ada. Mulai dari fiksi dan non fiksi. Hanya saja disini tidak perlu dibeli, kita bisa membaca dan meminjam. Bagi yang bukan pelajar, tersedia banyak perpustakaan umum kota dengan koleksi buku yang banyak dan lengkap.

Kita harus menjadi anggota perpustakaan terlebih dahulu tentunya. Dokumen yang dibutuhkan antara lain paspor dan surat daftar kota (Anmeldebescheinigung) dan uang pendaftaran. Uang pendaftaran ini cukup bervariasi, akan tetapi tidak terlalu mahal. Bagi pelajar, seperti biasa ada dispensasi harga khusus.



Jumlah buku umumnya yang bisa dipinjam adalah lebih dari 20 buku sekaligus untuk jangka waktu peminjaman 1 bulan. Jangan heran jika di perpustakaan disediakan semacam tas belanja di supermarket, untuk ‚belanja‘ buku.

Pada beberapa perpustakaan memiliki sistem yang sudah online. Artinya kita bisa melihat katalog dan
memesan buku yang ingin dipinjam melalui internet, juga untuk perpanjangan waktu pinjam. Perpanjangan buku cukup dilakukan via telefon. Usahakan untuk tidak terlambat mengembalikan buku, karena biasanya dendanya cukup mahal. Apalagi jika buku yang dipinjam cukup banyak. Beberapa perpustakaan akan mengirimkan semacam kartu pos pemberitahuan denda, jika kita terlambat mengembalikan buku.

Selain buku, di perpustakaan juga tersedia CD, buku kaset juga DVD yang bisa dipinjam. Fasilitas internet juga tersedia pada beberapa perpustakaan. Buku-buku yang ada sebagian besar dalam bahasa Jerman, walaupun untuk buku-buku bahasa asing, seperti bahasa Inggris juga tersedia, namun dalam jumlah terbatas.

Komentar

Postingan Populer