Lembaga Bantuan Hukum dan Yayasan Lembaga Konsumen

Jangan ngeri atau enggan dahulu ketika kita harus berhubungan dengan hukum atau dua lembaga ini. Ada saatnya seperti permasalahan dengan penyewa rumah, penyedia telpon atau asuransi, membuat kita harus menghubungi salah satu badan tersebut.

Sistem hukum di Jerman sangat jelas, dan masyarakatnya bertindak dengan hukum yang berlaku. Jika kita dapat beragumen dengan seseorang dan menyebut dasar hukum yang ada, bisa dikatakan kita pemenangnya.

Akan tetapi ketika suatu permasalahan serius menyebabkan kita membutuhkan dukungan lain, maka dua lembaga di atas dapat dihubungi. Orang-orang timur termasuk Indonesia dikenal malas berurusan dengan hukum sehingga terkadang kita membiarkan saja apa yang seharusnya menjadi hak kita diambil orang lain baik dengan paksa maupun halus. Semuanya itu pilihan masing-masing pribadi, akan tetapi jika kita berpikiran lain, LBH dan YLK dapat membantu.


Persyaratan utama agar dapat menikmati layanan LBH adalah kita memiliki pendapatan yang rendah. Sementara bagi pelajar, otomatis layanan ini terbuka sekali, dengan biaya administrasi yang juga lebih kecil dari biaya biasanya.

YLK tidak memiliki kekuatan hukum, berbeda dengan LBH yang didukung oleh para pengacara dan hakim. Kita dapat mencari keterangan tentang keduanya di kota tempat tinggal melalui buku telpon atau informasi di kota pemerintahan kota.

Komentar

Postingan Populer