Kebutuhan Sehari-Hari

Tempat Belanja
Tempat belanja barang-barang kebutuhan sehari-hari adalah supermarket. Di sini barang-barang biasanya lebih murah dibandingkan membeli di pasar segar (Wochenmarkt) seperti halnya pasar di Indonesia. Harga-harga pada tiap supermarket cukup bersaing. Kita bisa memperoleh produk murah tanpa perlu mengkhawatirkan kualitasnya. Supermarket seperti Lidl, Aldi, Plus, Wal Mart ataupun Penny Markt merupakan pilihan supermarket dengan produk-produk murah dan tetap berkualitas. Sementara untuk barang-barang kosmetik, sabun, dan lain-lain, dapat diperoleh di toko-toko seperti Schlecker, Budni dan Rossmann (untuk Jerman bagian utara), Dm (untuk Jerman bagian selatan).



Waktu buka toko-toko tersebut biasanya setiap hari dari jam 08:00 – 20:00 kecuali Minggu. Kita dapat membayar tunai, dengan kartu kredit ataupun dengan kartu EC (Elektronic Cash), yang bisa dimiliki jika kita memiliki rekening giro.

Berbeda lagi dengan di Indonesia, hampir semua barang yang dibeli mendapatkan jaminan dapat ditukarkan. Baik dengan barang lain ataupun dikembalikan berupa uang. Asalkan barang tersebut belum digunakan atau kalaupun sudah digunakan, masih dalam waktu garansi dan bon pembelian masih ada. Jika kita ragu atau berpikir kemungkinan menukar atau mengembalikan barang, sebaiknya bon pembelian disimpan baik-baik. Karena tanpanya, kita tidak berhak mengembalikan/menukarkan barang. Kantong belanjaan harus kita sediakan sendiri karena supermarket di Jerman (kecuali Wal Mart) tidak menyediakannya atau kita harus membeli.

Toko-toko Asia
Pada kota-kota besar Jerman bukan merupakan hal langka adanya toko-toko asia, yang menyediakan barang-barang kebutuhan asia. Harganya memang lebih mahal dibandingkan jika kita membeli di Indonesia. Namun merupakan solusi buat lidah kita yang masih kental dengan rasa asia. Harga barang di toko asia pada kota-kota besar biasanya jauh lebih murah dibandingkan toko asia di kota kecil Jerman lainnya. Toko asia yang cukup murah antara lain di kota München, Aachen, Berlin dan Hamburg.

Tidak semua kota di Jerman terdapat toko asia. Apalagi misalnya di kota kecil. Akan tetapi banyak alternatif lainnya. Misal toko Indonesia di Hamburg yang melayani pembelian online melalui internet. Dapat dilihat di situsnya: www.tokoindonesia.de. Toko Indonesia ini menyediakan barang-barang Indonesia yang khas dan umumnya sulit didapatkan di toko asia lainnya. Ongkos kirimnya pun cukup murah untuk pemesanan 1 – 30 kilo dengan tarif rata 5,90 Euro.

Komentar

Postingan Populer