Heimweh (Homesick)

Jauh dari keluarga, tanah kelahiran, sudah sewajarnya perasaan rindu dan kangen melanda. Siap-siaplah untuk menghadapi yang satu ini. Rasa kangen dan homesick biasanya menghinggapi setiap orang yang dalam waktu lama jauh dari Indonesia. Masalahnya seberapa dalam dan parah Heimweh yang dialami. Heimweh mendadak datang ketika biasanya kita agak longgar dalam kegiatan. Sehingga segala sesuatu yang berbau Indonesia jadi menguasai atau berputar-putar dalam benak anda. Atau ketika kita sedang mengalami kesulitan atau masalah.

Jangan dicoba untuk dilawan. Heimweh adalah suatu kewajaran. Menelpon ke Indonesia saat kita sedang dalam puncak kondisi Heimweh bukanlah solusi yang tepat. Sibukkanlah diri sehingga pikiran dan perasaan kangen tidak terlalu melanda. Kunjungi teman-teman atau saudara, ceritakan semua  permasalahan kita juga rasa kangen. Ketika rasa Heimweh sudah tidak terlalu kuat, telponlah ke Indonesia. Biasanya cara ini cukup membantu.


Rasa Heimweh juga datang pada fase-fase awal penyesuaian tinggal di Jerman. Karena rasa belum nyaman, belum merasa belong di Jerman, dan belum betah. Setelah agak lama hidup dan tinggal di Jerman, rasa Heimweh tidak akan sering menerpa. Apalagi jika kita sudah terbiasa dengan kehidupan yang baru dan cukup disibukkan dengan kegiatan-kegiatan.

Komentar

Postingan Populer