0
Biaya hidup di Jerman mesti diperhitungkan, terlebih jika keuangan didukung oleh pribadi atau tidak mendapatkan beasiswa selama studi. Kesempatan beasiswa di Jerman lebih terbatas. Namun demikian dibandingkan dengan negara-negara lain seperti Amerika Serikat atau Inggris, biaya hidup di Jerman cenderung lebih kecil. Untuk tiap-tiap kota di Jerman sendiri relatif bervariasi. Misalnya di kota München dan Stuttgart yang biaya untuk tempat tinggal lebih tinggi dibandingkan kota lain umumnya di Jerman.

Biaya hidup yang dikeluarkan antara lain meliputi:

Biaya Kursus Bahasa Jerman (sekitar 150 – 200 Euro perbulan)

Ketika pertama kali tiba di Jerman sambil menunggu Zulassungbescheid atau untuk mempersiapkan ujian Aufnahmeprüfung di Studienkolleg ataupun ujian DSH maka kita harus mengambil kembali kursus bahasa Jerman. Kursus bahasa Jerman di Indonesia biasanya masih kurang memadai untuk sampai mampu mengerti dan berbicara lancar. Untuk itu kursus bahasa Jerman di Jerman sendiri mutlak dibutuhkan. Selain untuk memperlancar kemampuan bahasa juga untuk membiasakan telinga dan lidah terhadap intonasi bahasa, pengucapan/Ausprache, dan percakapan.

Lama masa kursus tiap-tiap orang berbeda-beda. Tergantung kemampuan masing-masing. Bisa memakan waktu sekitar 6 – 9 bulan. Namun jika di Indonesia sendiri kita sudah melewati tingkat Grundstufe atau bahkan sudah di tingkat Mittelstufe, waktu kursus bisa lebih dipersingkat. Jika telah berstatus pelajar atau student maka biaya kursus tidak masuk dalam anggaran kita. Di perguruan tinggi biasanya menyediakan fasilitas kursus bahasa gratis untuk para mahasiswa.

Iuran Sosial Studi per semester (sekitar 51 Euro)

Biaya Rutin Bulanan
Biaya rutin bulanan ini pun sangat bervariasi sebagaimana telah disebutkan sebelumnya. Biaya rutin bulanan yang cukup besar adalah untuk tempat tinggal. Berikut ini perkiraan jenis dan besar pengeluaran tetap bulanan yang harus dan akan kita keluarkan adalah: (Perkiraan untuk 1 orang yang belum berstatus Pelajar/Student)

Jenis Pengeluaran
Perkiraan besar
pengeluaran (Euro)
1. Tempat tinggal 200 – 250
2. Asuransi Kesehatan 50
3. Transportasi 40
4. Kebutuhan sehari-hari/makan 150
5. Dan lain-lain 50 – 100
520 – 620
Tabel 10. Perkiraan Pengeluaran Bulanan

Perkiraan di atas merupakan perkiraan kasar untuk gaya hidup layak sederrhana jika belum berstatus pelajar. Untuk pelajar biasanya mendapatkan beberapa fasilitas kemudahan sehingga pengeluaran bulanan dapat lebih dihemat.

Share this post!

  • Technorati
  • Google
  • Tweet this
  • Tweet this
  • Tweet this

No comments:

Post a Comment