Barang Second (Flohmarkt, Sperrmuell)

Pasar barang bekas adalah alternatif bagus untuk mencari barang-barnag kebutuhan sehari-hari. Alatalat elektronik, perabotan rumah, pakaian ataupun buku-buku. Tidak semua yang dijual di pasar loak/Flohmarkt ini barang bekas. Terkadang dijual juga barang-barang baru dengan harga yang jauh lebih murah daripada di toko.

Jadwal Flohmarkt bisa jauh-hari dilihat melalui koran, reklame di jalan-jalan atau internet Pada beberapa kota ada jadwal Flohmarkt tetap mingguan. Spermull adalah barang-barang besar dibuang atau sampah barang-barang besar. Di Jerman ada sistem pembuangan barang-barang besar di jalan-jalan yang dilakukan menurut jadwal yang ditetapkan pemerintahan kota. Jika dijadwalkan Spermull maka penduduk boleh membuang barang-barnagnya di pinggir-pinggir jalan untuk keesokan paginya dimuat di mobil sampah oleh petugas kebersihan kota.
Banyak barang-barang yang masih cukup bagus untuk dipulung. Terkadang perabotan rumah tangga seperti sofa, karpet, lemari, kursi dan meja bisa didapatkan melalui Spermull ini. Permasalahannya mungkin hanya bagaimana mengangkutnya saja.

Tidak di semua kota sistem Spermull jalan ini ada. Beberapa kota besar justru tidak berlaku sama sekali. Di kota-kota semacam ini jika ingin membuang barang besar, kita harus membuat janji dengan petugas kebersihan kota supaya mengambilnya. Berbeda dengan kota yang memiliki jadwal Spermull, kita bisa membuangnya di jalan depan tempat tinggal, tinggal menuggu jadwal Spermull yang ada. Jadwal sperrmull ini bisa diperoleh di kantor pemerintah kota atau di koran kota.

Komentar

Postingan Populer