Bank

Bank-bank besar di Jerman antara lain: Commerzbank, Deutsche Bank, Dresdner Bank, Sparkasse dan Postbank. Bank memegang peranan penting dalam kehidupan kita sehari-hari di Jerman. Tidak hanya untuk menerima dan mengambil uang saja, tapi juga sebagai fasilitas pembayaran baik sewa rumah, asuransi kesehatan, telepon, uang semesteran dan lain-lain.

Misal untuk asuransi kesehatan atau rekening telpon, tinggal menyetujui pengambilan sewa (metode Lastschrift) ke rekening giro kita setiap bulannya. Maka uang tersebut akan otomatis diambil setiap bulannya sesuai jumlah yang dibutuhkan tanpa anda perlu mentransfer uang. Atau metode tranfer rutin (Dauerauftrag) ketika kita harus rutin tiap bulan membayar sesuatu dengan jumlah yang tetap. Cukup dengan sekali membuat perintah transfer rutin ke bank dan setiap bulan rutin uang akan tertransfer.

Rekening yang dapat dibuat terbagi dua kelompok besar, yakni rekening giro dan rekening tabungan. Jika kita membutuhkan rekening untuk pembayaran dan semacamnya, kita perlu membuka rekening giro. Rekening tabungan hanya dapat digunakan untuk menabung dan mengambil uang, tanpa dapat melakukan pembayaran atau transfer uang.

Biaya administrasi rekening bulanan pada tiap-tiap bank bervariasi. Sebagai pelajar, dibebaskan dari biaya administrasi bulanan ini. Biaya administrasi bulanan tersebut tidak dikenakan untuk rekening tabungan.

Jika ingin membuka rekening baru pada bank tertentu, kita bisa meminta bantuan seorang teman, yang menjadi nasabah di bank tersebut, untuk didaftarkan. Di Jerman dikenal sistem hadiah atau Prämie. Jika seorang nasabah dapat membawa atau memasukkan nasabah baru, maka ia berhak atas bonus hadiah dari bank tersebut. Akan tetapi sistem Prämie ini tidak berlaku pada semua bank. Tidak ada salahnya kita menanyakan informasi tersebut pada teman atau pada bank itu sendiri. Karena barangbarang Prämie tersebut nilainya cukup besar dan membantu terutama jika kita sebagai pendatang yang jelas membutuhkan banyak barang-barang baru.

Komentar

Postingan Populer