Program Doktor

Ada dua kemungkinan bagi yang berminat mengambil program Doktor di Jerman, dengan beasiswa atau bekerja di bawah wewenang Profesor Universitas/Wissenschaftlich Mitarbeiter (WiMi). Jangka waktu umumnya adalah 4 tahun. Baik itu dengan beasiswa maupun bekerja. Apabila kita melewati waktu yang telah ditentukan, kita harus menanggung sendiri biaya selanjutnya, yang berarti kita boleh saja menyelesaikan program Doktor 5 atau 6 tahun akan tetapi dengan tanggungan biaya sendiri.

Beasiswa

Biaya hidup ditunjang melalui beasiswa. Besarnya beasiswa berkisar antara 1000 – 1250 Euro perbulan tergantung dari status pernikahan dan jumlah anak. Persyaratan bagi beasiswa program doktor adalah calon penerima beasiswa dengan pendidikan terakhir master. Informasi pemberi beasiswa dapat dilihat pada lampiran.
Keuntungan jika kita melakukan riset doktoran dengan tunjangan beasiswa adalah kita tidak terlalu dibebani dengan tugas-tugas yang tidak ada kaitannya dengan riset kita maupun tugastugas akademik dari Profesor, seperti mengajar ataupun membimbing mahasiswa. Akibatnya dapat lebih berkonsentrasi mengerjakan riset dan disertasi. Meskipun demikian, biasanya jangka waktu yang diberikan oleh lembaga pemberi beasiswa lebih singkat juga, sekitar 3 tahun, walaupun pada beberapa lembaga pemberi beasiswa masih dapat diperpanjang selama 1 tahun. Setelahnya, otomatis biaya hidup harus ditanggung sendiri. Lain halnya dengan Wissenschaftlich Mitarbeiter (WiMi).

Wissenschaftlich Mitarbeiter

Untuk menjadi WiMi peminat program studi melamar posisi pekerjaan/Stelle yang ditawarkan di Universitas. Kemampuan bahasa Jerman yang dimiliki biasanya harus bagus dengan pengecualian program doktor yang lebih banyak hubungannya dengan kerjasama internasional, memungkinkan penguasaan bahasa Inggris yang bagus walaupun tetap harus mampu berbahasa Jerman. Ada dua jenis WiMi yang ditawarkan, setengah kerja/Halbe Stelle dan kerja penuh/Vollstelle. Sumber keuangan WiMi bisa berasal dari kas Universitas sendiri (Landesstelle) ataupun dari kas proyek (Dritmittelstelle) kerjasama Universitas dengan industri atau lembaga lainnya.

Pekerjaan utama WiMi adalah menjadi asisten Profesor, yang berarti kita melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan proses pengajaran. Misalnya mengajar rutin, membuat materi perkuliahan, memeriksa ujian, menangani praktikum, membimbing mahasiswa yang membuat penelitian ataupun tugas akhir. Riset atau penelitian biasanya dilakukan di sela-sela waktu luang ketika tugas akademik tidak penuh dan membebani. Posisi WiMi yang jelas-jelas untuk menangani suatu proyek yang dilakukan Universitas, biasanya tidak terlalu dibebani dengan tugas-tugas yang berkaitan dengan akademik. Namun tetap cukup sibuk dengan deadline-deadline proyek yang harus dikejar. Sehingga terkadang untuk melakukan riset penelitan doktoran, menulis paper, harus ekstra menyisihkan waktu dan lembur. Ini sebabnya program doktor di Jerman memakan waktu cukup lama (4 – 5 tahun).

Komentar

Postingan Populer