0
Hampir sama seperti di Indonesia, pada perguruan tinggi Jerman dikenal istilah fakultas (Fachbereich), dan kemudian terbagi menjadi beberapa bidang studi (Studiengänge) atau yang kita kenal sebagai jurusan di Indonesia.

Pada bagian ini tidak semua fakultas studi yang ditawarkan oleh perguruan tinggi di Jerman dicantumkan, mengingat banyaknya program studi tersebut. Hampir semua bidang studi yang kita inginkan, dapat kita temui di perguruan tinggi di Jerman. Hanya saja beberapa bidang studi sangat terbatas tempatnya, Zulassungsbeschränkung.

Bidang studi yang tercantum di bawah merupakan bidang studi yang terbatas sekali dengan jumlah peminat yang banyak. Untuk mendaftar kita tidak mengajukan kepada Universitas yang bersangkutan ataupun ke Akademische Auslandsamt, melainkan harus mengajukan lamarannya pada ZVS (Zentralstelle für die Vergabe von Studienplätzen).



ZVS (Zentralstelle für die Vergabe von Studienplätzen)
D-44128 Dortmund
Telp.: 0049-231-1081-0
Fax: 0049-231-1081-221

Namun pada beberapa universitas berlaku kebijakan yang berbeda sehingga perlu dicari informasi yang aktual dari perguruan tinggi yang bersangkutan.

Bidang studi yang secara umum masuk dalam kategori Zulassungsbeschränkung antara lain:

1. Ekonomi Perusahaan
2. Biologi
3. Kedokteran Umum
4. Kedokteran gigi
5. Kedoktaran Hewan
6. Farmasi
7. Psikologi

Lamaran studi kita besar kemungkinan diterima, jika kita memilih jurusan atau bidang studi yang tidak termasuk dalam kategori Zulassungbeschränkung. Setiap tahunnya banyak kebijakan perguruan tinggi yang berubah bagi pelamar warga negara asing non Uni Eropa. Perubahan tersebut biasanya memperkecil presentasi kesempatan studi karena lebih memprioritaskan warga asing anggota Uni Eropa. Disamping juga angka persaingan yang setiap tahunnya bertambah bisa sampai 10 kali lipat. Misalnya kebijakan baru dari Uni Hamburg, bagi jurusan-jururan yang masuk kategori Zulassungsbeschränkung diberlakukan hanya satu kali masa pendaftaran setiap tahunnya.

Share this post!

  • Technorati
  • Google
  • Tweet this
  • Tweet this
  • Tweet this

No comments:

Post a Comment