Sistem Transportasi

Bepergian di Jerman sangat nyaman karena didukung oleh sistem transportasi umum yang bagus. Tentu saja kita dapat menggunakan kendaraan pribadi jika memiliki SIM yang berlaku. SIM Internasional yang kita miliki berlaku selama 1 tahun pertama tinggal di Jerman. Setelah itu kita diharuskan memiliki SIM Jerman sebagai penggantinya.

Harga mobil di Jerman lebih murah dibandingkan di Indoneisa. Namun memiliki mobil di Jerman kurang menguntungkan karena asuransi kendaraan yang sangat besar selain tentunya biaya SIM yang mahal. Untuk mendapatkan SIM kita harus mengambil kursus mengendarai mobil yang terhitung cukup mahal serta harus lulus ujian ketat. Total biaya pembuatan SIM bisa menjadi sangat mahal. Lebih baik menyewa mobil jika memang sewaktu-waktu dibutuhkan.

Mengenai hal itu tidak dibahas di sini, karena yang akan lebih dikupas adalah transportasi umum Jerman.

Transportasi Dalam Kota
Bagi para pelajar, tersedia semester tiket atau Studikarte yang harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan tiket bulanan manapun. Sementara bagi yang bukan pelajar, biasanya tiket berlangganan cukup menguntungkan. Kita akan mendapatkan potongan sebanyak dua bulan tiket bulanan biasa. Tiket sekali jalan (Einzelfahrkarte) juga mudah didapatkan baik di loket penjualan tiket, mesin penjual otomatis atau langsung pada sopir bus.

Alat transportasi yang ada biasanya bus, trem (Strassenbahn) , kereta cepat dalam kota (S-Bahn) dan kereta bawah tanah (U-Bahn). Dua alat transportasi terakhir umumnya terdapat di kota.kota besar di Jerman.

Peta jalur transportasi dapat dilihat pada setiap halte pemberhentian atau di loket pembelian tiket. Sistem transportasi sangat teratur dan berhenti hanya pada halte pemberhentian saja.

Transportasi Antar Kota/Deutsche Bahn
Sementara untuk transportasi antar kota di Jerman, Deutsche Bahn atau semacam PJKA bagi kita di Indonesia, menyediakan banyak fasilitas kereta dan tawaran khususnya. Kereta-kereta yang dimiliki antara lain : Inter City Ekspres (ICE), Inter City (IC), Regional Ekpress (RE) dan Regional Bahn (RB). Tersedia juga kereta Malam dan kereta antar negara Eropa.

Bepergian antar kota di Jerman cukup nyaman walapun tiket kereta terhitung cukup mahal. Deutsche Bahn menyediakan semacam kartu langganan (Bahncard), dengan kartu itu kita bisa mendapatkan diskon tiket kereta. Dari promosi penjualan mereka, dengan Bahncard dan sistem harga mereka yang baru, kita bisa mendapatkan diskon sampai dengan 75%, terlebih jika kita membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan kita.

Tiket-tiket murah untuk masing-masing negara bagian yang berlaku pada hari selain akhir pekan untuk pemakaian bersama sampai dengan 5 orang cukup menjadi alternatif. Juga tiket akhir pekan (Wochenende Tiket) yang berlaku untuk 5 orang pada hari Sabtu atau Minggu saja. Akan tetapi tiket tersebut hanya berlaku untuk kereta jenis RE dan RB. Jadi cukup memakan waktu yang lumayan lama jika kita harus bepergian jauh. Jadwal kereta dan pemesanan tiket dapat dilakukan secara online melalui situs Deutsche Bahn. Kita juga bisa mencari kereta apa yang tersedia berikut jadwal keberangktan, kedatangan dan pergantian

kereta yang diperlukan jika kita hendak bepergian. Tinggal memasukkan kota asal, kota tujuan dan waktu rencana kepergian, maka tersedia beberapa alternatif kereta yang bisa kita ambil berikut informasi harga, dan jalur keretanya. Cukup nyaman bukan?

Pesawat Terbang
Maskapai penerbangan Lufthansa merupakan alternatif untuk bepergian yang singkat di dalam negara Jerman. Tiket pesawat tidak selalu lebih mahal dibandingkan kereta. Apalagi jika ada tawaran khusus (Angebot). Maskapai penerbangan lain cukup bersaing juga dalam memperoleh pelanggan, sehingga harga tiketnya kadang lebih murah. Namun biasanya mereka tidak memberikan pelayanan tambahan seperti penyediaan makanan kecil. Akan tetapi tidak menjadi masalah jika harga dan waktu yang bisa dihermat cukup banyak. Biasanya kita yang harus jeli melihat Angebot yang ditawarkan karena tidak setiap saat ada.

Sepeda
Pada jalan-jalan di Jerman tersedia jalur khusus pengendara sepeda, yang berdampingan dengan jalur pejalan kaki. Selain berolahraga, bersepeda di kota-kota yang kecil sangat menguntungkan baik dari segi keuangan maupun kesehatan. Rambu-rambu lalu lintas harus kita ketahui jelas sehingga tidak mengganggu pemakai jalan lainnya, juga demi keselamatan kita sendiri. Pada musim semi dan musim panas, bersepeda merupakan suatu rekreasi tersendiri. Angka kehilangan ataupun kecurian sepeda di Jerman agak tinggi atau cukup sering terjadi, karena itu tidak lupa untuk menyediakan kunci pengaman sepeda.

Pada musim dingin pun tidak tertutup kemungkinan untuk bersepeda. Banyak orang yang tetap melakukannya walaupun tentunya tidak ketika turun salju. Minimal sarung tangan yang cukup menghangatkan tangan harus dipakai.

Komentar

Postingan Populer